Rabu, 29 September 2010

Materi Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah himpunan "interkoneksi" antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel(wireles). Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainya restart, shutdown, atau melakukan kontrol lainya, maka komputer komputer tersebut bukan autonomous (tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh).

Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data atau informasi , berbagi resourse yang dimiliki,seperti file ,printer, media penyimpana (hardisk, floppy disk, cd-rom, flasdisk, dll). Data yangberupa teks atau audio, maupun video bergerak melalui media kabel ataul tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar file atau data, mencetak pada printer sama dan menggunakan hardware/ software yang terhubung dalam jaringan secara bersama sama.

Tiap komputer , printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan node. sebuah jaringan komputer sekurang kurangnya terdiri dari dua unit komputer atau lebih. Dapat berjumlah puluhan komputer, ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar