Selasa, 28 September 2010

Pengertian Secara Singkat,ALU,IR (INTRUCTION REGISTER) dan PC ( PROGRAM COUNTRE )

Instruction register

Dalam komputer, sebuah register instruksi adalah bagian dari unit kontrol CPU yang menyimpan instruksi yang sedang dieksekusi atau diterjemahkan. Dalam prosesor sederhana setiap instruksi yang dijalankan dimuat ke register instruksi yang memegang itu ketika sedang decode, disusun dan akhirnya dieksekusi, yang dapat mengambil beberapa langkah.
prosesor yang lebih rumit menggunakan pipa dari register instruksi dimana setiap tahap pipa tidak bagian dari persiapan, decoding atau eksekusi dan kemudian meneruskannya ke tahap berikutnya untuk langkah tersebut. prosesor modern bahkan dapat melakukan beberapa langkah keluar dari urutan yang decoding pada beberapa instruksi dilakukan secara paralel.
Decoding opcode di register instruksi meliputi penentuan instruksi, menentukan mana operan perusahaan dalam memori, saat mengambil operan dari memori, mengalokasikan sumber daya prosesor untuk mengeksekusi perintah (dalam prosesor superscalar), dll

Program counter

Program counter, atau PC (juga disebut penunjuk instruksi [1], atau alamat instruksi mendaftar [2], atau hanya bagian dari sequencer instruksi [3] di beberapa komputer) adalah sebuah register prosesor yang menunjukkan di mana komputer dalam perusahaan urutan instruksi. Tergantung pada rincian komputer tertentu, PC memegang baik alamat instruksi yang sedang dieksekusi, atau alamat dari instruksi berikutnya yang akan dieksekusi.

Pada prosesor kebanyakan, pointer instruksi bertambah secara otomatis setelah mengambil instruksi program, sehingga instruksi biasanya diambil secara berurutan dari memori, dengan instruksi tertentu, seperti cabang, melompat dan panggilan subrutin dan kembali, mengganggu urutan dengan menempatkan nilai baru dalam
program counter.
instruksi lompat tersebut memungkinkan sebuah alamat baru yang akan dipilih sebagai awal bagian selanjutnya dari aliran instruksi dari memori. Mereka memungkinkan nilai-nilai baru yang akan dimuat (tertulis) ke dalam mendaftar program counter. Panggilan subrutin dicapai hanya dengan membaca isi lama program counter, sebelum mereka ditimpa oleh suatu nilai baru, dan menyimpan mereka di suatu tempat di memori atau dalam register lain. Sebuah pengembalian subroutine ini kemudian dilakukan dengan menulis nilai yang disimpan kembali ke program counter lagi.

Arithmetic logic unit (ALU)

Dalam komputasi, logika aritmatika unit (ALU) adalah rangkaian digital yang melakukan operasi aritmatika dan logika. ALU adalah sebuah blok bangunan fundamental dari central processing unit (CPU) dari komputer, dan bahkan mikroprosesor sederhana mengandung satu untuk tujuan seperti memelihara timer. Prosesor ditemukan di dalam CPU modern dan graphics processing unit (GPU) menampung ALUs sangat kuat dan sangat kompleks, sebuah komponen tunggal mungkin berisi sejumlah ALUs.
Matematikawan John von Neumann mengusulkan konsep ALU tahun 1945, ketika ia menulis sebuah laporan di atas fondasi untuk komputer baru yang disebut EDVAC tersebut. Penelitian ALUs tetap menjadi bagian penting dari ilmu komputer, jatuh di bawah struktur Aritmatika dan logika dalam Sistem Klasifikasi ACM Computing.

Tugas matakulia APLIKASI KOMPUTER,,,,,,27 SEPTEMBER 2010.....
TEKNIK INFORMATIKA SEMESTER 1.KELAS A.

1 komentar: